Asesmen formatif yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses pembelajaran. Asesmen formatif berupa:
- Asesmen di awal pembelajaran
- Dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.
- Hasil asesmen ini tidak untuk keperluan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilaporkan dalam rapor.
- Asesmen di dalam proses pembelajaran
- Dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan peserta didik.
- Dilakukan sepanjang pembelajaran/ditengah/di akhir pembelajaran.
Asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran dan mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Informasi tersebut juga merupakan umpan balik untuk pendidik dan peserta didik.
- Bagi pendidik.
- Untuk merefleksikan strategi pembelajaran yang digunakan.
- Meningkatkan efektivitas dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.
- Memberikan informasi tentang kebutuhan belajar individu bagi peserta didik.
- Bagi peserta didik.
- Untuk melakukan refleksi dengan memonitor kemajuan belajar, tantangan yang dialami serta langkah-langkah yang harus dia lakukan untuk meningkatkan capaian belajarnya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam merancang asesmen formatif antara lain :
- Asesmen formatif dirancang untuk tujuan pembelajaran dan tidak seharusnya digunakan untuk menentukan nilai rapor, keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya.
- Asesmen formatif dapat dilakukan dengan tehnik observasi, asesmen diri dan asesmen antar teman.
- Dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran.
- Asesmen di awal pembelajaran bersifat opsional yang paling penting adalah asesmen awal sebelum pembelajaran di mulai.
- Menggunakan metode yang sederhana sehingga umpan balik dapat diperoleh dengan cepat.
Semoga bermanfaat.
sumber: Panduan Pembelajaran dan Asesmen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi tahun 2024.