Kerjakan dan diskusikan soal di bawah ini bersama kelompok kalian.
- Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan ekonomi maritim? Jelaskan.
- Apa yang menyebabkan industri pelayaran nasional di Indonesia belum berkembang dengan baik? Jelaskan.
- Apa yang menyebabkan kontribusi sektor perikanan terhadap pendapatan nasional masih rendah? Jelaskan.
- Menurut pendapat kalian langkah apa saja yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah daerah supaya wisata laut dapat menarik para turis asing untuk datang berkunjung?
- Berilah 3 contoh pembangunan infrastruktur di bidang maritim/kelautan untuk memperlancar distribusi barang antar pulau?
- Apa yang menyebabkan hambatan pembangunan infrastruktur di bidang maritim/kelautan di Indonesia? Jelaskan
- Jelaskan 5 (lima) upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian!
- Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia?
- Sebutkan 3 komoditi agrikultur Indonesia yang bisa menembus pasar ekspor? Negara mana saja yang menerima komoditi tersebut?
- Sebagai anak muda, tuliskan pemikiran kalian apa yang harus dilakukan pemerintah untuk memajukan potensi agrikultur di Indonesia supaya komoditasnya bisa banyak yang menembus pasar internasional? Jelaskan alasannya.
Silahkan menjawab di kolom komentar dengan disertai kata kunci WA dan kata kunci artikel.
Selamat berdiskusi.
Format setor kata kunci kelompok 5
Rafi putra tatas kusuma = ekofarming (WA), agrikultur (Artikel)
Dwi Anggraeini= Bahari (WA), Pelabuhan (Artikel)
Jeth Renjiro = bahari (Wa), pelabuhan (Artikel)
Ardini Afifa= pelayaran (WA), ekonomi maritim (artikel)
Maudy Aliza Al khanza = bahari (WA), pelabuhan (artikel)
Dafi azfar= pelayaran (WA), ekonomi maritim (artikel)
1. membangun kembali budaya maritim Indonesia, menjaga dan mengelola sumber daya laut, menjaga kedaulatan dan kekayaan maritim.
2.Karena daya saing sumber daya manusia di sektor pelayaran masih relatif rendah
3. Meskipun memiliki potensi besar di sektor perikanan, kontribusi sektor perikanan masih rendah terhadap pendapatan nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya teknologi di sektor perikanan yang masih sederhana.
4. -Memperbaiki akses menuju ke tempat wisata
-Memperindah kawasan tempat wisata
-Memanfaatkan internet sebagai sarana promosi tempat wisata
5. Membangun Tol laut, pelabuhan laut, dan industri perkapalan
6. tidak mempunyai dana yang cukup
pengembangan iptek yang lemah
kurangnya fasilitas
7. -pengembangan pariwisata
-membudidayakan hasil laut
-pengembangan industri garam
-mengelola pariwisata
-pengembangan industri wisata bawah laut
8.Menerapkan Sistem Ekofarming agar medapatkan hasil optimal dengan memanfaatkan bahan limbah organik sebagai media pertanian.
9. •Kopi
Negara tujuan ekspor :
Brazil, Italia, Argentina, England, India, China, Thailand, Jepang , Vietnam, Malaysia
•Ikan
Negara tujuan ekspor :
Australia, Singapore, China, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Korea Selatan
•Udang
Negara tujuan ekspor :
Jepang, Hong Kong, China, Singapore, Malaysia, Australia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam
10.Pemerintah tidak boleh mengekspor terlalu banyak Agrikultur yang ada di Indonesia,karena Agrikultur yang ada di Indonesia merupakan penghasil devisa negara melalui ekspor, Agrikultur tersebut harus di hemat agar menjadi barang yang dicari cari oleh dunia dan tembus ke pasar internasional
1. A.Mempromosikan produk-produk kelautan.
– Agar ekonomi maritim dapat berkembang, produk yang dihasilkan dari ekonomi ini harus diminati oleh masyarakat dan bisa dijual.
B. Melakukan modernisasi industri kelautan.
– Ekonomi maritim tidak dapat berkembang bila hasil tangkapan sedikit,bila nelayan hanya bisa melaut di jarak terbatas dan bila hasil tangkapan tidak bisa diolah dengan baik
C. Memberantas penangkapan ikan yang merusak lingkungan.
– Agar ekonomi maritim dapat berkembang, penangkapan ikan harus dilakukan secara berkelanjutan agar tidak menyebabkan hilangnya stok ikan
2. -Bangsa muatan armada kapal nasional masih rendah.
– Industri galangan kapal hingga saat ini belum berkembang.
– Sistem pelabuhan hanya berperan sebagai cabang dari pelabuhan Singapura dan negara lainnya
3. Yang menyebabkan kontribusi sektor perikanan terhadap pendapatan nasional masih rendah adalah kurangnya kawasan untuk perbudidayaan ikan yang masih sedikit di Indonesia
4. Pembersihan sampah sampah laut yang ada di indonesia akan cukup berpengaruh untuk meningkatkan daya tarik turis asing untuk mengunjungi wisata laut Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya
5. -Sektor pelayaran
-Sejtor perikanan
-Sektor pariwisata bahari
6. Hambatan yang dihadapi dalam pembangunan infrastuktur di bidang maritim adalah ketimpangan agraria kelautan, kerentanan pencurian ikan, dan ketimpangan infrastruktur. Hambatan tersebut cukup serius karena wilayah laut Indonesia yang sangat luas dengan pengawasan yang kurang ketat mengakibatkan ikan-ikan sering dicuri oleh nelayan asing.
7. Perikanan
Energi arus laut
pengembangan pariwisata
pengembangan pariwisata bawah laut
pengembangan industri garam.
8. Sebaiknya pemerintah mengambil langkah dengan memperhatikan sektor pertanian di Indonesia tentang saluran irigasi, hama, keuntungan para petani, dan gaji para buruh atau petani. Serta mengambil langkah dengan memperhatikan benih, pupuk, kesuburan tanah agar kualitas sektor pertanian di Indonesia terkenal dengan kualitas nya.
9. Karet : Jepang,Malaysia,Filipina
Kelapa Sawit : Malaysia,Cina,Singapore
Kopi : India,Cina,Thailand
10. Menurut sumber _jogjabenih.jogjaprov.go.id_ yang saya baca dikutip dalam artikel tersebut bahwa “ironisnya sistem pertanian serta perhatian khusus kepada para petani di Indonesia sangatlah kurang.” sehingga menurut saya pemerintah sebaiknya menaruh perhatian lebih pada bidang pertanian agrikultur yang dapat membuat sektor pertanian di Indonesia dapat maju seperti negara-negara lain, Bahkan Indonesia sudah dikaruniai Allah SWT dengan iklim tropis yang cocok untuk bercocok tanam, dengan memperhatikan sistim irigasi perairan pada saat musim kemarau, dan hama yang menyerang kemudian membuat para petani gagal panen, pemerintah Indonesia terlalu sibuk mengurusi masalah politik dan _kurang_ memperhatikan kesejahteraan para petani padahal jika pertanian di Indonesia sangatlah didukung pemerintah maka Insyaallah akan membuat sektor pertanian negara berkembang pesat dan menjadikan penyumbang devisa negara tertinggi dari yang ditahun 2021 menyumbang sekitar “BPS mencatat sektor pertanian memiliki kontribusi sebesar 13,70 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional atau terbesar kedua setelah sektor industri pengolahan (19,88 persen).” dikutip dari laman web _m.bisnis.com_. Dikutip dari laman web databoks.katadata.co.id pada tahun 2021 sektor agrikultur tercatat mengalami penurunan devisa sebesar 0,42 persen poin dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 13,7% karna adanya pandemi covid. Sehingga diharapkan adanya bantuan mengenai hal hal yang membuat gagal panen dan hal hal yang merugikan para petani dengan adanya kenaikan harga/penuruan harga. Padahal jika dilihat sektor agrikultur ini penyumbang devisa terbesar ke-2 setelah sektor industri. Dan dengan diperhatikannya sektor pertanian di Indonesia mungkin akan membuat devisa pertanian ditahun ini naik menjadi 14% dan mengembalikan mata pencaharian para petani serta para buruh dengan gaji yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier dari para petani maupun para buruh, apalagi dikabarkan dunia sedang diancam resesi pada tahun 2023 dan sektor atau pilihan yang terbaik untuk menghindari kemiskinan adalah dengan beralih atau belajar cara bertani sehingga tak ada rakyat Indonesia yang mengeluh tak memiliki ketersediaan bahan pokok karna harga nya yang semakin melonjak. Dan seharusnya Indonesia menjadi negara yang maju dengan sektor pertanian nya, jika kita melihat sektor agrikultur dunia ada 5 negara yang sektor agrikultur nya sangat maju yaitu negara Jepang, China, Australia, Amerika serikat, dan Belanda. Jika kita lihat kenapa negara negara tersebut dapat menjadikan sektor agrikultur nya sangat maju padahal negara negara tersebut rata-rata beriklim subtropis daripada Indonesia yang beriklim tropis, memang dinegara maju tidak bisa dibandingkan dengan negara berkembang tapi kita bisa melihat dan mencontoh hal apa yang dapat membuat sistim agrikultur dapat berkembang maju. Dari laman web jogjabenih.jogjaprov.co.id Negara Belanda dapat maju dibidang Agrikultur karena negara nya yang menerapkan sistim riset dan sebagian besar penyumbang devisa negara belanda adalah dengan mengekspor benih & bunga keuntungan nya sekitar 72,8 miliar euro pada tahun 2015. Sementara Jepang dan Amerika Serikat dapat membuat sektor agrikultur mereka maju adalah dengan mengandalkan teknologi, China dan Australia mengandalkan Angin musim dan saluran irigasi. Lantas mengapa Indonesia yang memiliki semua yang menjadi faktor pendukung sektor pertanian ini hanya dapat menjadi negara berkembang padahal jika digagas lebih dalam lagi Indonesia adalah negara berkembang yang kemaritimannya sudah maju.
••Latifah Sholihah = Pelabuhan (artikel) Bahari (WA).
Aurelia Zhahra = Ekonomi Maritim (artikel, Pelayaran (WA).
Reyhan Augya=Agrikultur(artikel),Ekofarming(WA).
Anugerah Dwianya Budi Syahputra = pelayaran (WA) ekonomi maritim (artikel).
Fathin Z.A = Pelabuhan (artikel), bahari (wa).
Satrio A.P = Agrikultur (artikel) ,EkoFarming (WA).••
KELOMPOK 3
1. •Perbaikan sumber daya manusia dengan mengubah kurikulum SMK Perikanan dan Politeknik serta membuka jurusan ekonomi maritim di perguruan tinggi yang berorientasi pengembangan industri maritim
•Menyediakan lahan khusus untuk pengembangan ekonomi maritim.
2. muatan armada kapal nasional yang masih rendah, industri galangan kapal hingga saat ini belum berkembang, sistem pelabuhan hanya berperan sebagai cabang dari pelabuhan Singapura dan negara lainnya. maka, bisa disimpulkan bahwa faktor yang dapat memengaruhi masih lemahnya industri pelayaran di Indonesia adalah faktor pendanaan, faktor insentif pajak, faktor terms of trade, dan faktor kontrak.
3.Meskipun memiliki potensi besar di sektor perikanan, kontribusi sektor perikanan masih rendah terhadap pendapatan nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya teknologi di sektor perikanan yang masih sederhana
4. membuat icon wisata laut yang belum pernah ada, bisa menarik minat para turis asing apalagi icon wisata laut tersebut jarang ditemukan di daerah pada turis asing karena rasa keingintahuan mereka.
5. tiga contoh pembangunan infrastruktur di bidang maritim untuk memperlancar distribusi barang antar pulau adalah
1.) jalan raya dan jembatan
2.) sarana pra sarana transportasi
3.) poros maritim dunia (sarana prasarana pelabuhan)
6.persoalan pembebasan lahan jika masalah pembebasan lahan belum selesai,maka tahsp pembangunan berikut nya tidak dapat berjalan. masalah ke dua yang menjadi tantangan pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah soal perencanaan dan penyiapan proyek mulai dari penanggung jawab proyek, kementrian, pemerintah daerah, pemerintah desa, hingga masyarakat secara langsung menyebabkan sulitnya mencari titik temu dalam merencanakan proyek secara matang.ketiga, masalah pendanaan berkonstribusi.
7. • Pengembangan pariwisata
• Pengembangan industri garam
• Budidaya hasil laut
• Meningkatkan kualitas industri laut
• Mengembangkan pelabuhan yang memadai
8.▪︎Menerapkan sistem ekofarming
▪︎Distribusi pupuk dan benih unggul secara merata
▪︎Penyuluhan pertanian
▪︎Pengolahan lahan dengan penanaman lebih dari satu jenis tanaman
▪︎Perbaikan irigasi air
9.kopi,Kakao,Kelapa sawit
negara yang terlibat
Amerika,India,china/tiongkok
10. Meningkatkan sistem budidaya yang ramah lingkungan dan terintergrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia Mendistribusikan pupuk dengan merata Memperbaiki saluran irigasi karena Indonesia memiliki wilayah yang subur dan beriklim tropis sehingga sangat baik untuk aktivitas pertanian. Selain itu, Indonesia juga memiliki tanaman unggul seperti padi, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan berbagai tanaman lain.
ANGGOTA KELOMPOK 3😁:
*M.Agung Nasrudin
* Revalina Aulia Pradipta
*Savira Ahmad
*Dewi Wulandari
*Bangkit Putra Perkasa
*M.Azka Maulana Alfas
Bangkit = Pelayaran (WA), Ekonomi Maritim (Artikel) Savira = ekofarming (WA),Agrikultur (artikel)
Revalina = ekofarming (WA), Agrikultur (artikel)
Agung=bahari(WA), pelabuhan (Artikel)
Dewi=bahari (WA),pelabuhan (artikel)
Azka=bahari(WA),pelabuhan (artikel)
1. A. Mengembangkan pengolahan ikan karena ikan yang telah diolah memiliki harga yang lebih tinggi.
B. Menyediakan lahan khusus untuk pengembangan ekonomi maritim.
C. Meningkatkan pengelolaan pelabuhan serta operasional alat-alat penunjang aktivitas pelabuhan dan menjalin kerja sama internasional.
2. – Pangsa muatan armada kapal nasional masih rendah.
– Industri galangan kapal hingga saat ini belum berkembang.
– Dukungan pembiayaan dan pendanaan yang masih rendah.
3. Meskipun memiliki potensi besar di sektor perikanan, kontribusi sektor perikanan masih rendah terhadap pendapatan nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya teknologi di sektor perikanan yang masih sederhana. Pertambahan kawasan budidaya perikanan pun masih sangat kurang.
4.
-Gencarkan promosi destinasi wisata yang menarik.
-Tingkatkan iklan pariwisata berbasis digital.
-Berikan .
-Paket wisata murah
5. a)
Pembangunan Pelabuhan khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).
b) Pembangunan kapal, hingga 158 kapal tahun 2019.
c) Moda transportasi berupa pembangunan jalur Kereta Api Baru serta pembangunan 19 Bandara Baru.
6. kebanyakan kapal kembali (return) dengan muatan (payload) yang minim yang berpengaruh pada tingginya tariff barang. Adanya peranan pemda setempat untuk menyediakan komoditi lokal untuk dieksport ke luar daerah. Masalah lain ialah minimnya peran kapal-kapal penunjang (feeder vessels) untuk mendistribusikan barang ke1) Telah berkurangnya budaya maritim, diatasi dengan pilar pertama;
2) Belum adanya kesamaan pemahaman tentang konsep negara maritim, diatasi dengan pilar
kedua; 3) Masih kurangnya SDM maritim, diatasi dengan pilar pertama; 4) Masih tumpang
tindihnya peraturan dibidang kelautan, diatasi dengan pilar keempat; 5) Masih belum baiknya
pengelolaan pelabuhan diatasi dengan pilar ketiga; 6) Masih kurangnya peran transportasi laut
diatasi dengan pilar ketiga; 7) Masih kecilnya kontribusi sektor perikanan laut diatasi dengan pilar
kedua; Masih adanya premanisme dan mafia pelabuhan diatasi dengan pilar kelima pelosok terpencil.
7.
A. Mengembangkan Teknik Penangkapan Ikan
Penggunaan pukat harimau dan bom dalam penangkapan ikan dapat mengancam habitat laut. Mengutip buku Panduan Belajar dan Evaluasi IPA karya Neti Lim, dkk., pukat harimau adalah jaring ikan dengan lubang-lubang berukuran kecil yang dapat menangkap ikan-ikan kecil. Pemerintah juga harus memberikan solusi kepada nelayan dengan cara mengembangkan teknik penangkapan ikan, sehingga mereka dapat memanfaatkan sumber daya laut tanpa merusak ekosistem.
B. Mengelola Pariwisata
Sektor pariwisata memegang peranan penting sebagai salah satu sumber penerimaan devisa yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Karenanya, pemerintah sebaiknya berupaya lebih untuk mengelola daerah yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata.
C. Membudidayakan Kerang dan Hasil Laut Lainnya
sumber daya perikanan laut menjadi salah satu potensi sumber daya laut paling besar di Indonesia. Selain ikan, para nelayan juga bisa membudidayakan hasil laut lain, seperti kerang, udang, rumput laut, kepiting, dan lain sebagainya.
D. Pengembangan Industri Garam
Industri garam menjadi memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian Tanah Air. Apalagi, Indonesia memiliki wilayah laut luas dan iklim tropis yang dapat mempercepat proses produksi garam.
E. Pengembangan Industri Wisata Bawah Laut
Wisata bawah laut dapat dikembangkan sebagai spot diving bagi para wisatawan yang ingin menilik keindahan bawah laut Nusantara. Kendati demikian, pengembangan industri wisata bawah laut harus diikuti dengan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan bawah laut.
8. Membuka lahan sebanyak mungkin agar lahan tsb dpt digunakan oleh rakyat
9. – karet negara tujuan ekspor: Australia, Malaysia dan Singapore
– kakao negara tujuan ekspor: Thailand, Jepang, dan Sri Lanka
– kelapa sawit negara tujuan ekspor: India, Vietnam, dan Jerman
10. a. Ekofarming
Strategi ekofarming merupakan peningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia.
b. Distribusi Pupuk Secara Merata
Strategi yang kedua ini, berupa distribusi pupuk secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Langkah yang ditempuh dalam strategi ini adalah petani diminta menjumlahkan kebutuhan pupuk untuk kebutuhan tanamnya perhektar selama satu tahun. Dengan cara ini pemerintah akan dapat mengetahui kebutuhan pupuk selama satu tahun sehingga dapat menyediakan stok pupuk sesuai dengan kebutuhan petani.
c. Perbaikan Irigasi Pertanian yang berhasil tidak lepas dari baiknya sistem irigasi yang diterapkan. Oleh karena itu, pemerintah mengusahakan keterjaminan ketersediaan air untuk pertanian dengan perbaikan atau pengadaan irigasi yang baik
– Adhelyne Zetta Rainasya = pelayaran (WA), Ekonomi Maritim(Artikel)
– Aji Satria Bimantara = pelayaran (WA), Ekonomi Maritim (Artikel)
– Devinscha Geffine Diva Valencia = pelayaran (WA), Ekonomi Maritim(Artikel)
– Nisrina muna= ekofarming (WA), agrikultur (artikel)
– Rafael Apriliano Putra Bagau
=Ekofarming (Wa), Agrikultur (Artikel)
– Pratama Sandy Dharma = Ekofarming (WA), Agrikultur(Artikel)
Kelompok 1 IPS
Dhaifan = Bahari (WA) , Pelabuhan (Artikel)
Panji = ekofarming (WA), Agrikultur (artikel)
Raya = ekofarming (WA) , Agrikultur (Artikel)
Levin = bahari(wa) pelabuhan(artikel)
Afrizal = Pelayanan , Ekonomi maritim (Artikel)
Eunike = Bahari(WA) , pelabuhan (Artikel)
Chirana = Pelayanan (WA) , Ekonomi maritim (Artikel)
1). – Melakukan revitalisasi dan pengembangan Sumber Daya Laut yang memiliki sifat unggul.
-Melakukan revitalisasi industri pengolahan ikan dengan benar sehingga ikan yg diolah memiliki daya jual tinggi
– Meningkatkan produktivitas ekonomi kemaritiman dan perikanan dengan memberi sanksi yg tegas terhadap pelaku penangkapan ikan secara illegal.
– Mengembangkan bioteknologi kemaritiman sehingga produk yg dihasilkan selain ramah lingkungan juga meningkatkan nilai jual yg tinggu.
– Melakukan revitalisasi dan pengembangan objek pariwisata bahari sehingga mampu menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
2). Karena Sistem pelabuhan hanya berperan sebagai cabang dari pelabuhan Singapura dan negara lainnya.Pangsa muatan armada kapal nasional masih rendah. Industri galangan kapal hingga saat ini belum berkembang.
3).Meskipun memiliki potensi besar di sektor perikanan, kontribusi sektor perikanan masih rendah terhadap pendapatan nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya teknologi di sektor perikanan yang masih sederhana.
4).-Perbaiki Akses,Infrastruktur dan Fasilitas
-Gandeng Investor
-Manfaatkan Internet
-Pilih duta wisata
-Membuat Aplikasi Mobile Official Kota
5).-Pembangunan Lima pelabuhan, Lima pelabuhan yang dimaksud adalah Pelabuhan Belawan di Sumatra Utara, Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, serta pelabuhan-pelabuhan di Surabaya, Makassar, dan Kalimantan
-Pengembangan armada angkatan laut untuk mengawasi dan memberikan keamanan bagi kegiatan kemaritiman
-Penyediaan industri pembangunan dan perbaikan kapal sebagai sarana pengembangan infrastruktur maritim
6).kurangnya usaha yang dilakukan untuk mengembangkan pembangunan kemaritiman dan kurangnya sarana pembangunan menjadi hambatan pembangunan infrastruktur kemaritiman
7).-mengembangkan teknik penangkapan ikan.
pemerintah harus memperhatikan cara menangkap ikan yang benar agar tidak menggunakan pukat harimau lalu merusak laut itu sendiri
-membudidayakan hasil laut. seperti: kerang, ikan, udang, kepiting, dan lain lain agar diolah sebaik mungkin
-pengembangan pariwisata.
mengelola pantai agar menjadi salah satu cara meningkatkan perekonomian
-pengembangan industri wisata bawah laut.
menjadikan spot spot diving menjadi objek wisata
-pengembangan industri garam.
dengan wilayah laut yang luas, garam bisa sangat berpotensi meningkatkan perekonomian
8).menerapkan sistem ekofarming yang merupakan cara untuk meningkatkan sistehm budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di daerah indonesia
9).Kepertama, pasar ekspor kelapa sawit menembus pasar India sebagai negara pengimpor tertinggi dengan angka 2.521.6 ton untuk periode Januari dan Juni 2017. Sedangkan tahun 2018 angkanya mencapai 1.4909.4 ton. Pada urutan selanjutnya, Republik Rakyat Tiongkok mengimpor kelapa sawit sebanyak 802.1 ton untuk perton untuk periode 2018.
Pada posisi kedua, produk kakao dengan pasar ekspor paling banyak menembus 147.9 ton untuk negara tujuan Amerika Serikat. Setahun berlalu, jumlahnya naik menjadi 170.9 ton. Sedangkan Malaysia mengimpor produk Indonesia dengan jumlah 83.8 ton dan 63.7 ton untuk tahun 2018.
Ketiga, hasil produksi petani kopi Indonesia menembus pasar Amerika Serikat dengan nilai ekspor mencapai 138.8 ton untuk tahun 2017 dan 123.6 ton untuk tahun 2018. Selanjutnya, negara ekspor kedua ditempati Jerman dengan total ekspor mencapai 42.3 ton
10). Indonesia memiliki potensi Agrikultur yang besar oleh karena itu agar komoditas nya banyak yang menembus pasar internasional kita harus mengembangkan potensi tersebut kita bisa membangun sarana yang dapat menunjang kegiatan agrikultur di Indonesia selain itu penggunaan teknologi juga harus dikembangkan karena di masa sekarang kita tidak bisa lepas dari adanya teknologi termasuk dalam sektor agrikultur