Seperti yang sudah kita pelajari ATP disusun untuk membantu murid mencapai CP secara bertahap saat merumuskan ATP akan lebih baik jika kita menggunakan pendekatan desain mundur dalam Modul ini kita akan belajar langkah yang bisa ibu dan bapak guru gunakan dalam merumuskan ATP dan TP. Pertama tama kita harus memahami terlebih dahulu rasional tujuan dan karakteristik mata pelajaran pada langkah pertama ini kita akan mempelajari dulu isi dari dokumen CV setiap dokumen CV pasti akan menguat rasional atau latar belakang tujuan dan karakteristik dari mata pelajaran tersebut pemahaman terhadap ketiga hal tersebut akan menjadi fondasi dan kerangka berpikir kita dalam menutup TP dan merancang kegiatan pembelajaran ada beberapa pertanyaan kunci yang bisa membantu di langkah ini.
Silakan ibu dan bapak guru membuka dokumen CP yang telah disiapkan dan memahami rasional tujuan dan karakteristik mata pelajaran yang diajarkan setelah memahami rasional tujuan dan karakteristik mata pelajaran kita beranjak ke tahap kedua yaitu cara menguraikan CP untuk satu fase setiap CP akan memuat dua hal berikut pertama kompetensi yang diharapkan.
Dalam setiap elemen mapel kedua konten esensial yang menjadi roda untuk mencapai kompetensi pada kurikulum yang lalu kita mengenal kompetensi sikap spiritual sikap sosial pengetahuan dan keterampilan yang dijabarkan secara terpisah pada pembelajaran paradigma baru semua kompetensi digambarkan sebagai sebuah kesatuan yang termuat dalam CP saat menguraikan CP ibu dan bapak guru perlu membaca dan menemukan kompetensi-kompetensi dari murid pada akhir fase serta konten esensialnya.
Mari kita perhatikan contoh capaian pembelajaran untuk mapel yg pas ada dua elemen pada mata pelajaran IPA yaitu pemahaman sains dan keterampilan proses atau keterampilan inquiry setiap elemen membuat kompetensi yang diharapkan. Dalam satu fase contohnya elemen pemahaman sains di fase B untuk lebih memudahkan kita dapat menguraikan kalimat-kalimat kompetensi dalam CP langkah selanjutnya pengelompokkan berdasarkan konten esensial untuk semua kalimat dalam CP kalimat ini mengandung kompetensi untuk dua konten yang berbeda langkah ini dilakukan untuk semua kalimat dalam CP sampai kita berhasil mengelompokkan semua kompetensi dan konten esensial pada CP.
Selanjutnya mari kita uraikan kembali elemen berikutnya perlu diperhatikan bahwa pada mapel yg pas keterampilan proses menjadi kompetensi yang perlu dimiliki oleh murid. Hal ini bertujuan untuk menunjang pemahaman sains sehingga kita dapat menguraikannya menjadi seperti berikut. Keterampilan proses menjadi karakteristik mata pelajaran IPA saat kita menguraikan CP untuk mata pelajaran yang lain maka hasilnya akan berbeda karena karakter serta elemennya juga berbeda Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami karakter dan elemen mata pelajaran saat di langkah pertama.
Sekarang silakan ibu dan bapak guru membuka dokumen CV yang telah disediakan kembali dan mencoba menguraikannya untuk 1-2 kompetensi selanjutnya Mari menentukan ATP setelah menguraikan CP dan materinya selanjutnya kita bagi kompetensi tersebut ke dalam jenjang kelas 1 fase dan alokasi waktunya Tujuannya adalah untuk membentuk sebuah alur ingat perhatikan total waktu dalam satu tahun saat menentukan alokasinya untuk satu kompetensi pemahaman bisa jadi targetkan di satu jenjang kelas atau dibagi kedalam dua jenjang karena ada pertimbangan seperti kompleksitas atau tahapan perkembangan murid hal ini diserahkan kepada guru masing-masing yang paling memahami kebutuhan muridnya.
Sekarang silahkan ibu dan bapak guru coba tentukan alokasi waktu dan kelas untuk CP yang sudah diuraikan pada langkah ketiga setelah itu guru pada fase asam PC disarankan untuk berkumpul dan saling berbagi ATP yang sudah disusun tujuannya adalah agar dapat melihat kesinambungan antar fase langkah berikutnya merumuskan TP pada ATP yang sudah disusun ada beberapa pertanyaan kunci yang dapat membantu kita saat melakukan tahap ini misalnya apa pemahaman bermakna yang dipelajari dari materi ini pemahaman bermakna dapat membantu kita menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan mempelajari sebuah materi ajar misalnya murid memahami bahwa perubahan wujud benda banyak terjadi di sekitar mereka kemudian dari pemahaman tersebut murid dapat mengidentifikasi berbagai proses perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari para murid pun menggunakan konsep tersebut dalam kesehariannya langkah selanjutnya merumuskan TP untuk mencapai kompetensi akhir contohnya dari tabel tadi dapat dirumuskan TP sebagai berikut.
Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana pembagian ruang lingkup materinya adakah materi inti yang perlu diketahui untuk free konsep tertentu untuk itu kita perlu menentukan ruang lingkup materinya. Tujuannya adalah untuk mendukung murid mencapai tujuan pembelajarannya sebaiknya guru juga melihat fase-fase dibawahnya untuk mengetahui pengetahuan yang sudah murid dapatkan sebelumnya contohnya agar murid dapat memahami konsep perubahan wujud maka perlu dulu untuk memahami konsep wujud benda dan karakteristiknya Sehingga ruang lingkup materinya adalah dua hal berikut langkah selanjutnya adalah menentukan rencana asesmennya untuk membuktikan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai maka tentukanlah indikator pencapaian kompetensi yang akan murid.
Tunjukkan indikator ini bisa ditentukan dalam bentuk produk akhir misalnya sebagai berikut. saat menentukan produk akhir berikan kebebasan kepada murid untuk menentukan sendiri proses pembuatan produk dan bagaimana ia akan menjelaskannya misalnya murid dapat membuat perbandingan dan skema dengan berbagai cara murid bisa memilih benda yang akan ia amati proses perubahan wujudnya dan memilih cara ia menceritakannya misalnya melalui video lagu komik dan lain sebagainya selanjutnya menentukan metode pengajaran setelah menentukan rencana assessment.
Langkah terakhir adalah menentukan metode pengajaran yang akan dipakai misalnya untuk mencapai indikator ini maka metode pengajaran yang akan dipakai adalah sebagai berikut. Hai untuk metode yang dilakukan secara berkelompok guru dapat mengelompokkan murid berdasarkan minat atau tingkat kemampuannya nantinya hal ini akan memudahkan guru untuk melakukan pendampingan ibu dan bapak guru melalui langkah 1-6 kita dapat melihat gambaran Bagaimana CP diturunkan menjadi alur dan tujuan pembelajaran yuk praktekkan langkah 1-6 untuk semua kompetensi yang termuat dalam CPU untuk satu fase dengan begitu ibu dan bapak guru akan memiliki gambaran rencana pembelajaran dalam satu fase ibu dan bapak guru juga dapat mempelajari cara merumuskan ATP dan TP untuk contoh mata pelajaran lain yang tersedia di modul ini semoga langkah-langkah yang telah disampaikan dalam materi ini dapat membantu ibu dan bapak guru dalam menyusun alur tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu.
Semoga bermanfaat.
BACA JUGA: Metode 6 Topi Berpikir