Menyusun ATP dan TP SD

Seperti yang sudah kita pelajari ATP  disusun untuk membantu murid mencapai CP  secara bertahap saat merumuskan ATP akan lebih baik jika kita menggunakan  pendekatan desain mundur dalam Modul ini  kita akan belajar langkah yang bisa ibu  dan bapak guru gunakan dalam merumuskan  ATP dan TP. Pertama  tama kita harus memahami terlebih dahulu  rasional tujuan dan karakteristik mata  pelajaran pada langkah pertama ini kita  akan mempelajari dulu isi dari dokumen  CV setiap dokumen CV pasti akan menguat  rasional atau latar belakang tujuan dan  karakteristik dari mata pelajaran  tersebut pemahaman terhadap ketiga hal  tersebut akan menjadi fondasi dan  kerangka berpikir kita dalam menutup TP  dan merancang kegiatan pembelajaran  ada beberapa pertanyaan kunci yang bisa  membantu di langkah ini.

Silakan ibu dan bapak guru membuka  dokumen CP yang telah disiapkan dan  memahami rasional tujuan dan  karakteristik mata pelajaran yang  diajarkan setelah memahami rasional  tujuan dan karakteristik mata pelajaran  kita beranjak ke tahap kedua yaitu cara  menguraikan CP untuk satu fase setiap CP  akan memuat dua hal berikut pertama  kompetensi yang diharapkan.

Dalam setiap  elemen mapel kedua konten esensial yang  menjadi roda untuk mencapai kompetensi  pada kurikulum yang lalu kita mengenal  kompetensi sikap spiritual sikap sosial  pengetahuan dan keterampilan yang  dijabarkan secara terpisah pada  pembelajaran paradigma baru semua  kompetensi digambarkan sebagai sebuah  kesatuan yang termuat dalam CP saat  menguraikan CP ibu dan bapak guru perlu  membaca dan menemukan  kompetensi-kompetensi dari murid pada akhir fase serta  konten esensialnya.

Mari kita perhatikan  contoh capaian pembelajaran untuk mapel  yg pas ada dua elemen pada mata  pelajaran IPA yaitu pemahaman sains  dan keterampilan proses atau  keterampilan inquiry  setiap elemen membuat kompetensi yang  diharapkan. Dalam satu fase contohnya  elemen pemahaman sains di fase B untuk  lebih memudahkan kita dapat menguraikan  kalimat-kalimat kompetensi dalam CP  langkah selanjutnya pengelompokkan  berdasarkan konten esensial untuk semua  kalimat dalam CP kalimat ini mengandung  kompetensi untuk dua konten yang berbeda  langkah ini dilakukan untuk semua  kalimat dalam CP  sampai kita berhasil mengelompokkan  semua kompetensi dan konten esensial  pada CP.

Selanjutnya mari kita uraikan kembali  elemen berikutnya  perlu diperhatikan bahwa pada mapel yg  pas keterampilan proses menjadi  kompetensi yang perlu dimiliki oleh  murid. Hal ini bertujuan untuk menunjang  pemahaman sains  sehingga kita dapat menguraikannya  menjadi seperti berikut.   Keterampilan proses menjadi  karakteristik mata pelajaran IPA saat  kita menguraikan CP untuk mata pelajaran  yang lain maka hasilnya akan berbeda  karena karakter serta elemennya juga  berbeda Oleh karena itu penting bagi  kita untuk memahami karakter dan elemen  mata pelajaran saat di langkah pertama.

Sekarang silakan ibu dan bapak guru  membuka dokumen CV yang telah disediakan  kembali dan mencoba menguraikannya untuk  1-2 kompetensi  selanjutnya Mari menentukan ATP setelah  menguraikan CP dan materinya selanjutnya  kita bagi kompetensi tersebut ke dalam  jenjang kelas 1 fase dan alokasi  waktunya  Tujuannya adalah untuk membentuk sebuah  alur ingat perhatikan total waktu dalam  satu tahun saat menentukan alokasinya  untuk satu kompetensi pemahaman bisa  jadi targetkan di satu jenjang kelas  atau dibagi kedalam dua jenjang karena  ada pertimbangan seperti kompleksitas  atau tahapan perkembangan murid hal ini  diserahkan kepada guru masing-masing  yang paling memahami kebutuhan muridnya.

Sekarang silahkan ibu dan bapak guru  coba tentukan alokasi waktu dan kelas  untuk CP yang sudah diuraikan pada  langkah ketiga  setelah itu guru pada fase asam PC  disarankan untuk berkumpul dan saling  berbagi ATP yang sudah disusun  tujuannya adalah agar dapat melihat  kesinambungan antar fase langkah  berikutnya merumuskan TP pada ATP yang  sudah disusun  ada beberapa pertanyaan kunci yang dapat  membantu kita saat melakukan tahap ini  misalnya apa pemahaman bermakna yang  dipelajari dari materi ini pemahaman  bermakna dapat membantu kita menjelaskan  manfaat pembelajaran dan tujuan  mempelajari sebuah materi ajar  misalnya murid memahami bahwa perubahan  wujud benda banyak terjadi di sekitar  mereka  kemudian dari pemahaman tersebut murid  dapat mengidentifikasi berbagai proses  perubahan wujud benda dalam kehidupan  sehari-hari  para murid pun menggunakan konsep  tersebut dalam kesehariannya langkah  selanjutnya merumuskan TP untuk mencapai  kompetensi akhir contohnya dari tabel  tadi dapat dirumuskan TP sebagai berikut.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah  bagaimana pembagian ruang lingkup  materinya  adakah materi inti yang perlu diketahui  untuk free konsep tertentu untuk itu  kita perlu menentukan ruang lingkup  materinya. Tujuannya adalah untuk  mendukung murid mencapai tujuan  pembelajarannya  sebaiknya guru juga melihat fase-fase  dibawahnya untuk mengetahui pengetahuan  yang sudah murid dapatkan sebelumnya  contohnya agar murid dapat memahami  konsep perubahan wujud maka perlu dulu  untuk memahami konsep wujud benda dan  karakteristiknya Sehingga ruang lingkup  materinya adalah dua hal berikut  langkah selanjutnya adalah menentukan  rencana asesmennya untuk membuktikan  bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai  maka tentukanlah indikator pencapaian  kompetensi yang akan murid.

Tunjukkan  indikator ini bisa ditentukan dalam  bentuk produk akhir misalnya sebagai  berikut. saat menentukan produk akhir berikan  kebebasan kepada murid untuk menentukan  sendiri proses pembuatan produk dan  bagaimana ia akan menjelaskannya  misalnya murid dapat membuat  perbandingan dan skema dengan berbagai  cara  murid bisa memilih benda yang akan ia  amati proses perubahan wujudnya dan  memilih cara ia menceritakannya misalnya  melalui video lagu komik dan lain  sebagainya  selanjutnya menentukan metode pengajaran  setelah menentukan rencana assessment.

Langkah terakhir adalah menentukan  metode pengajaran yang akan dipakai  misalnya untuk mencapai indikator ini  maka metode pengajaran yang akan dipakai  adalah sebagai berikut. Hai untuk metode yang dilakukan secara  berkelompok guru dapat mengelompokkan  murid berdasarkan minat atau tingkat  kemampuannya nantinya hal ini akan  memudahkan guru untuk melakukan  pendampingan  ibu dan bapak guru melalui langkah 1-6  kita dapat melihat gambaran Bagaimana CP  diturunkan menjadi alur dan tujuan  pembelajaran  yuk praktekkan langkah 1-6 untuk semua  kompetensi yang termuat dalam CPU untuk  satu fase  dengan begitu ibu dan bapak guru akan  memiliki gambaran rencana pembelajaran  dalam satu fase ibu dan bapak guru juga  dapat mempelajari cara merumuskan ATP  dan TP untuk contoh mata pelajaran lain  yang tersedia di modul ini semoga  langkah-langkah yang telah disampaikan  dalam materi ini dapat membantu ibu dan  bapak guru dalam menyusun alur tujuan  pembelajaran yang sesuai dengan  kebutuhan setiap individu.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Metode 6 Topi Berpikir

Berita Terkait