Pelatihan Pedagogik ini membahas tentang proses pembelajaran di kelas. Dimulai dari pemahaman terhadap bagaimana profil guru yang ideal dalam sekolah inklusif, hingga pada bagaimana guru mendesain dan memilih media untuk proses pembelajaran. Pelatihan ini dimaksudnya untuk memberikan guru pemahaman terkait perencanaan pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajara yang inklusif bagi semua anak tanpa terkecuali.
Peserta pelatihan diberikan informasi, pengetahuan dan wawasan yang mendasar terkait dengan upaya perwujudan pendidikan yang inklusif melalui pemberian materi-materi standar dalam perencanaan pembelajaran. Pelatihan pedagogik ini terdiri atas 5 bagian yang didesain memiliki keterkaitan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Fokus utamanya agar peserta dapat memahami langkah-langkah untuk melakukan pembelajaran yang inklusi di sekolah sehingga setiap siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka dan tidak ada satupun yang tertinggal.
Peserta pelatihan diharapkan menyerap pengetahuan terkait dengan konsep, ruang lingkup, prinsip desain pembelajaran bagi penyelengaraan pendidikan di sekolah untuk mewujudkan sekolah inklusi. Utamanya adalah memahami asesmen anak berkebutuhan khusus, metode pembelajaran yang efektif, rencana pembelajaran individu, perencanaan kurikulum dan desain media pembelajaran.
Modul ini didesain dengan maksud tidak hanya dapat digunakan pada saat pelatihan, tetapi juga dapat sebagai pegangan bagi peserta pelatihan ketika kembali ke sekolah masing-masing untuk melakukan implementasi hasil pelatihan. Modul ini juga didesain dengan merujuk pada pedoman penyelengaraan pendidikan terpadu/inklusi Direktorat Pendidikan Luar Biasa dalam hal ini Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK).
Unduh Model Pedagogik Guru pada Pendidikan Inklusif silahkan klik disini.
sumber: Seri Guru Belajar Pengelolaan Sekolah Inklusif Kemdikbud