Model Evaluasi CIPPO (Context, Input, Process, Product, Outcome)

Model evaluasi CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam & Shinkfield (1985) adalah sebuah pendekatan evaluasi yang berorientasi pada pengambil keputusan (a decision oriented evaluation approach structured)  memberikan bantuan bagi guru, administrator, pemimpin dalam pengambilan keputusan. CIPPO merupakan akronim dari Context, Input, Process, Product, Outcome.

Context (Konteks) berkaitan dengan menggambarkan dan merinci lingkungan, kebutuhan yang tidak terpenuhi, populasi dan sampel yang dilayani, dan tujuan program. Evaluasi Konteks dapat mendiagnostik suatu kebutuhan yang seharusnya tersedia (Isaac and Michael 1981).

Input (Masukan) berkaitan dengan kemampuan awal peserta didik dan sekolah dalam menunjang program, antara lain kemampuan sekolah dalam menyediakan petugas yang tepat dan sebagainya.

Process (Proses) diarahkan pada seberapa jauh kegiatan yang dilaksanakan di dalam program sudah terlaksana sesuai dengan rencana. Evaluasi Proses menurut Stuflebeam merupakan pengecekan berkelanjutan atas implementasi rencana.

Product (Produk) bertujuan tujuan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program. Berkaitan dengan apa yang dihasilkan. Outcome (Dampak) berkaitan dengan kebermanfaatan program yang dilakukan terhadap peserta didik, secara pribadi, dan sekolah.

sumber: Seri Guru Belajar Pengelolaan Sekolah Inklusif Kemdikbud

Berita Terkait