Perencanaan Pembelajaran Dalam Setting Pendidikan Inklusif

Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI) menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional (Kurikulum 2013) yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan PDBK. Adaptasi kurikulum meliputi adaptasi tujuan, isi/materi, proses,
dan/atau penilaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh pemerintah. Adaptasi kurikulum dilakukan oleh SPPPI dengan mengacu kepada kebutuhan PDBKyang diperoleh berdasarkan hasil asesmen.

Merencanakan sebuah pembelajaran yang efektif bagi PDBK merupakan sebuah tuntutan yang harus dilakukan oleh seorang guru. Dalam menyusun perecanaan tersebut tentunya tidak hanya dapat dilakukan secara langsung tanpa persiapan dan informasi yang jelas tentang kondisi dan kesiapan peserta didik. Oleh sebab itu guru akan membutuhkan sejumlah informasi yang lengkap dari peserta didik yang mengalami gangguan fisik, mental, intelektual, emosi dan perilaku tersebut dengan melakukan asesmen. Diharapkan informasi hasil asesmen dapat dijadikan sebagai dasar dalam memberikan layanan yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Peserta didik di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif kemampuannya beragam. Hal tersebut menuntut adanya pengembangan kurikulum adaptif bagi PDBKyang mengikuti pendidikan di SPP.

Berikut ini adalah Perencanaan Pembelajaran Dalam Setting Pendidikan Inklusif.

Unduh Perencanaan Pembelajaran Dalam Setting Pendidikan Inklusif silahkan klik disini.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Seri Guru Belajar Pengelolaan Sekolah Inklusif Kemdikbud

Berita Terkait