Komunikasi
- Sederhanakan bahasa Anda. Saat menjelaskan tugas, gunakan bahasa yang sederhana.
- Tidak masalah siswa mengakui bahwa mereka tidak mengerti. Ajari siswa sedari awal untuk mengatakan ‘Saya tidak mengerti’ dan membuatnya terbiasa mengatakannya. Jika mereka bisa memberi tahu Anda bahwa mereka tidak mengerti, Anda bisa melakukan sesuatu tentang hal itu.
- Alat bantu visual dan komunikasi. Dapat membantu anak-anak memahami apa yang Anda katakan kepada mereka, dan berkomunikasi jika mereka kesulitan berbicara. Anda dapat membuat poster dengan kata atau simbol yang relevan dengan topik yang Anda ajarkan untuk memperkuat apa yang Anda katakan bagi siswa tersebut.
Kemandirian
Membangun kemandirian. Tidak apa-apa untuk siswa dengan disabilitas intelektual membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya dan dapat melakukan sesuatu dengan kemampuannya sendiri. Tingkat independensi yang Anda harapkan akan bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan gangguan yang dimilikinya dan peluangnya untuk mengembangkan keterampilannya tersebut.
Membantu Siswa
- Mendorong siswa meminta bantuan yang tepat. Siswa dengan disabilitas intelektual akan membutuhkan bantuan dari waktu ke waktu. Keterampilan penting bagi para siswa ini adalah untuk dapat berkomunikasi untuk meminta bantuan.
- Guru harus mengidentifikasi strategi yang tepat untuk anak dapat menunjukkan kebutuhannya dan penting untuk menyeimbangkan memampuan anak belajar menghadapi tantangan dan berusaha untuk menyelesaikannya secara semandiri mungkin. Strategi dapat termasuk menggunakan bahasa isyarat atau menunjuk ke simbol pada mereka alat komunikasi yang berbunyi ‘Boleh tolong?’ jika ucapan mereka sulit dimengerti. Kamu bisa katakan “Tidak, saya belum akan membantu Anda, coba lagi” jika Anda pikir tugasnya dapat mereka lakukan sendiri dan berikan pujian ketika mereka mencoba.
- Dukungan sebaya. Ciptakan ruang kelas Anda sebagai ruang di mana orang-orang dapat saling membantu dan berbagi keterampilan satu sama lain; pujilah siswa ketika mereka meminta bantuan teman sebaya mereka dan ketika mereka membantu orang lain siswa. Setiap orang pasti memiliki keterampilan khusus yang dapat digunakan.
Alat Bantu
Jadwal Visual. Memberikan siswa jadwal harian mereka secara visual dapat membantu mereka mengerjakan tugas dan bersiap untuk beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya.
Sumber: Seri Guru Belajar Pengelolaan Sekolah Inklusif Kemdikbud