Strategi Pendampingan Belajar Siswa dengan Gangguan Fisik

Komunikasi

  1. Perlakukan anak seperti yang lainnya. Hindari mengisolasi siswa atau memberikan perhatian yang tidak perlu kepada mereka. Berbicaralah kepada mereka dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan kepada siswa lain.
  2. Bicara berhadap-hadapan. Cobalah untuk berada pada level yang sama dengan siswa jika mereka berada di kursi roda mis. berjongkok untuk berbicara dengan mereka

Kemandirian

  1. Biarkan mereka mencoba melakukan segala sesuatu secara mandiri. Memberikan kesempatan anak-anak secara mandiri menyelesaikan tugas-tugas yang diselesaikan bersama teman-temannya tanpa pengawasan aktif mis. mencuci tangan sebelum makan atau pergi ke kamar mandi. Jangan menyediakan bantu jika anak tidak memerlukan bantuan.
  2. Bantu mereka menemukan cara-cara untuk melakukannya sendiri. Bantu siswa untuk mengembangkan metode menyelesaikan tugas-tugas mungkin menantang karena hambatan yang mereka alami mereka mis. siswa yang tidak bisa dengan mudah membawa barang bisa diajarkan untuk menggunakan tas ransel untuk menyimpan barang-barang mereka ketika mereka bergerak di antara ruang kelas.

Membantu Siswa

  1. Cobalah untuk menghindari melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi mereka. Seperti disebutkan di atas, Anda dapat membantu siswa untuk belajar bagaimana menyelesaikan tugas sendiri. Ini akan membaik kepercayaan diri dan harga diri.
  2. Berikan waktu tambahan. Ini mungkin relevan jika seorang anak kesulitan bergerak; mungkin butuh waktu lebih lama bagi mereka untuk menggunakan kamar mandi, mencuci tangan dll.
  3. Berikan kesempatan siswa meminta bantuan – Pastikan siswa tahu bahwa mereka dapat meminta bantuan dan merasakan nyaman untuk dapat meminta bantuan saat diperlukan.
  4. Pikirkan tentang kekuatan anak. Fokuslah pada apa yang mampu dilakukan anak daripada hanya berpikir tentang apa yang dia butuhkan untuk membantunya.

Alat Bantu

  1. Ubah atau sesuaikan peralatan jika diperlukan dan jika mungkin. Pikirkan tentang jenis pensil / pena yang digunakan anak – dapatkah anak memegang pensil dengan benar? Busa karet di sekitar pensil atau pegangan pensil yang sudah jadi bisa membantu.
  2. Sediakan meja dan kursi yang sesuai. Cobalah memastikan anak dapat duduk dan dengan kepala tubuh lurus di meja. Jika anak mengalami kesulitan duduk tanpa merosot atau sedikit tegak tegak, maka perlu dilakukan penyesuaian tempat duduk khusus untuknya.
  3. Atur jalur landai dan rel (pegangan di sekitar tembok) jika diperlukan. Ini dapat membantu anak-anak yang kesulitan bergerak di sekitar sekolah atau pindah dari kursi roda ke toilet / kursi / tikar.
  4. Alat bantu lainnya dapat membantu – Anak-anak dengan cacat fisik dapat menggunakan alat bantu termasuk kruk, tongkat (tongkat berjalan), alat bantu jalan / bingkai berjalan, kursi roda, protesa (anggota badan buatan).

sumber: Seri Guru Belajar Pengelolaan Sekolah Inklusif Kemdikbud

Berita Terkait