Pengertian Pendidikan Inklusi

Definisi Pendidikan Inklusif yang dirumuskan dalam Seminar Agra pada tahun 1998 yang disetujui oleh 55 peserta dari 23 negara merumusakan poin-poin sebagai berikut.

  1. lebih luas daripada pendidikan formal: mencakup pendidikan di rumah, masyarakat, sistem nonformal dan informal.
  2. mengakui bahwa semua anak dapat belajar.
  3. memungkinkan struktur, sistem dan metodologi pendidikan memenuhi kebutuhan semua anak.
  4. mengakui dan menghargai berbagai perbedaan pada diri anak: usia, jender, etnik, bahasa, status HIV/AIDS dll.
  5. merupakan proses yang dinamis yang senantiasa berkembang sesuai dengan budaya dan konteksnya.
  6. merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk mempromosikan masyarakat yang inklusif.

Definisi berikutnya, Sapon-Shevin dan O’Neil, 1994 (Dir. Pem. SLB, 2007:5) menyatakan bahwa ‘pendidikan inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya’.

sumber: Modul 1 Bimtek Guru Pembimbing Khusus

Berita Terkait