Peningkatan Kompetensi Peserta Didik melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Kata Minimum mengacu kepada tidak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM.

  1. AKM akan mengukur keterampilan dasar: literasi dan numerasi. Kemampuan bernalar tentang teks dan angka. Kompetensi tersebut dibangun dari jenjang dasar sampai menengah dalam suatu learning progression.
  2. AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 – tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok.

Jenis AKM Literasi – Numerasi

  1. AKM Nasional (kelas 5, 8, dan 11) Mengukur kinerja/mutu sekolah dan Administrasi terstandar
  2. AKM Kelas (awal SD – akhir SMA) Mengukur hasil belajar siswa dan Formatif, alat untuk teach at the right level serta Administrasi tidak terstandar
  3. AKM Sertifikasi (kelas 12) Mengukur hasil belajar siswa dan Administrasi terstandar J
sumber: Kemdikbud

Unduh Materi Kemdikbud tentang AKM silahkan klik disini

Semoga bermanfaat.

Berita Terkait