Beberapa Alternatif pelaksanaan Supervisi Pembelajaran, anatara lain:
Observasi Kelas
Observasi kelas merupakan salah satu cara paling baik memberikan supervisi pembelajaran karena dapat melihat kegiatan guru, murid dan masalah yang timbul.
a. Perencanaan
Kepala sekolah merencanakan dalam menyusun program dalam satu
semester atau tahunan. Program tidak terlalu kaku, tergantung dari jumlah guru yang perlu di observasi. Ada tiga macam observasi yaitu dengan pemberitahuan, tanpa pemberitahuan, dan atas undangan:
b. Mekanisme Observasi
Penggunaan Guru Model
Dalam kegiatan pembelajaran sangat sukar menentukan mana yang benar dalam praktek mengajar karena mengajar menurut Siswoyo(1997), sebagai seni dan filsuf. Menurut pendapat di atas mengajar dalam pekerjaan di sekolah bukan pekerjaan yang mudah, sehingga kepala sekolah memilih guru model yang dapat memberikan gambaran tentang pembelajaran yang baik, . yang perlu dipersiapkan:
- Guru yang mengajar harus membuat persiapan secara kolaborasi dengan guru
lain, kepala sekolah dan/atau pengawas sekolah. - Pengamat berada di tempat strategis sehingga aktivitas guru siswa terlihat dan
tanpa mengganggu kegiatan pembelajaran. - Hasil catatan pengamatan dibahas secara bersama-sama. Catatan
pengamatan bukan untuk mencari kesalahan, tetapi digunakan untuk
membantu guru mengatasi kekurangan yang dimiliki - Hasil diskusi-diskusi tersebut untuk perbaikan mengajar guru yang
bersangkutan.
Supervisi Klinis
Supervisi klinis termasuk bagian dari supervisi pengajaran. Perbedaannya
dengan supervisi yang lain adalah prosedur pelaksanaannya ditekankan kepada mencari sebab-sebab atau kelemahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan kemudian langsung diusahan perbaikan kekurangan dan kelemahan tersebut.
PERANGKAT SUPERVISI
Salah satu perangkat yang digunakan dalam melaksanakan supervisi ialah instrumen observasi pembelajaran/check list terutama untuk supervisi kelas, supervisi klinis, dengan demikian diharapkan indikator yang diamati untuk setiap unsur yang diamati, antara lain :
a. Persiapan dan apersepsi.
b. Relevansi materi dengan tujuan instruksional.
c. Penguasaan materi.
d. Strategi dan Metode.
e. Manajemen kelas.
g. Pemberian motivasi kepada siswa.
h. Nada dan suara dan Penggunaan bahasa.
j. Gaya dan sikap perilaku.
Unduh versi PDF contoh program supervisi kepala sekolah
Unduh versi Ms.Word contoh program supervisi kepala sekolah
Unduh instrumen adminstrasi supervisi akademik oleh kepala sekolah
Unduh rubrik instrumen administrasi supervisi akademik oleh kepala sekolah
Unduh instrumen penyusunan RPP supervisi oleh kepala sekolah
Unduh rubrik penyusunan RPP supervisi kepala sekolah
Unduh intrumen pembelajaran supervisi akademik oleh kepala sekolah
Unduh rubrik intrumen pembelajaran supervisi akademik oleh kepala sekolah
Unduh instrumen penilaian supervisi akademik oleh kepala sekolah
Unduh rubrik instrumen penilaian supervisi akademik oleh kepala sekolah
Semoga bermanfaat.