Unit Pembelajaran ini disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). UN dan USBN merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisis, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Berita Terkait
-
Contoh Laporan PKB: Bimbingan Teknis Asesmen Nasional
LAPORAN DIKLAT FUNGSIONAL I. Latar BelakangAKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Asesmen Nasional meliputi tiga hal... -
Laporan Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
A. LATAR BELAKANG Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program... -
Laporan Seri Guru Belajar: Adaptasi Teknologi
A. LATAR BELAKANGAplikasi atau media yang telah dirancang secara modern dan dimanfaatkan sebagai teori dan praktik...