PENDAHULUAN
Latar Belakang
Rencana strategi pendidikan merupakan proses perumusan kebijakan sekaligus tekhnik penentuan prioritas, juga merupakan penghubung antara harapan orang tua, masyarakat, peserta didik dan negara dalam upaya mencapai tujuan maupun fungsi pendidikan Dalam proses penyusunan rencana strategis pendidikan yang dijadikan rujukan adalah tujuan dan fungsi pendidikan. Oleh karena itu, tujuan dan fungsi pendidikan merupakan substansi perencanaan strategis pendidikan yang amat penting .
Demikian halnya rencana strategis pendidikan dalam hal ini adalah renstra sekolah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif sangat dibutuhkan untuk memasuki pendidikan di era tersebut. Dalam pelaksanaan di sekolah semua hal untuk mendukung sistem pembelajaran yang inovatif tersebut memerlukan perencanaan yang optimal. Persiapan sumber daya, pendidikan karakter, mutu lulusan memerlukan perencanaan yang matang.
B. Tujuan Penyusunan
Tujuan perencanaan strategis pendidikan adalah usaha untuk melakukan tindakan atau rumusan mengenai apa yang diinginkan dimasa depan. Karena perencanaan berfungsi sebagai pengarah kegiatan, target-target, dan hasil-hasilnya di masa depan sehingga apapun kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat berjalan dengan tertib. Yang kemudian akan tercapailah apa yang menjadi tujuan pendidikan.
SMP Negeri Salatiga berdiri pada tahun 1994 yang merupakan sekolah alih fungsi dari Sekolah Teknik Negeri Salatiga, berlokasi di Jl. Argotunggal Tingkir, Salatiga. Sekolah ini didirikan dalam upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar kecamatan Tingkir yang tidak terjangkau oleh sekolah negari yang telah ada.
Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini SMPN Salatiga telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama pada lingkup kecamatan, Kota dan Propinsi, baik prestasi akademik maupun non akademik.
C. Profil Sekolah
Nama Sekolah : SMP Negeri 8 Salatiga
No. Statistik Sekolah : 201036202008
Tahun berdiri : 1956
Nilai Akreditasi : 93 (A)
Tgl/Bulan/Tahun : 20 Oktober 2015
Luas Tanah/Tanah : 8664 M2
Status Kepemilikan : Milik Pemerintah
Jumlah siswa : 217 siswa
Sumber daya : 51 tenaga pendidik dan 11 tenaga kependidikan
Jumlah ruang : 24 kelas, 4 lab, 1 perpus, 11 ruang lain
Jumlah lapangan : 1 lap voli, 1 lap basket, 1 lap takraw + lap bulutangkis
Lulusan : Dalam 5 tahun lulus 100%
Jaringan kerjasama : Kerjasama dengan Bank Jateng, BRI, Singkong D9
D. Visi dan Misi Sekolah
Visi:
Pada tahun 2022 mewujudkan generasi yang santun, iman, peduli lingkungan dan mampu melestarikan budaya bangsa.
Misi:
- Membiasakan salat berjamaah bagi yang muslim dan persekutuan doa bagi yang kristiani
- Membiasakan siswa berjabat tangan saat berpapasan dengan bapak ibu guru dan karyawan
- Bertutur kata yang santun terhadap guru, karyawan, dan teman
- Menumbuhkan sikap disiplin, bertanggung jawab, dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan baik
- Menyelenggarakan ekstrakulikuler di bidang olahraga prestasi
- Menyelenggarakan ekstrakulikuler di bidang seni dan budaya
- Menumbuhkan cinta budaya Indonesia dengan penerapan penggunaan bahasa Jawa setiap hari Kamis
- Menyelenggarakan pelatihan dan keterampilan keagamaan
- Membentuk karakter siswa cinta alam dan lingkungan dengan gerakan 5 menit memungut sampah
ANALISA SWOT
A. Analisa SWOT dan penetapan Strategi Program
Tabel 1. Perhitungan IFAS SMPN 8 Salatiga
Faktor-Faktor Internal | Bobot | Skor | Total | Jumlah | Analisis | ||
Kekuatan | Kurikulum dan pembelajaran | 1 | 0.06 | 8.00 | 0.49 | 3.08 | (0.11) |
Administrasi dan Manajemen Sekolah | 2 | 0.08 | 6.00 | 0.49 | |||
Sarana dan Prasarana | 3 | 0.10 | 7.00 | 0.71 | |||
Ketenagaan | 4 | 0.14 | 6.00 | 0.85 | |||
Pembiayaan dan pendanaan | 5 | 0.09 | 6.00 | 0.55 | |||
Kelemahan | Lingkungan dan budaya sekolah | 1 | 0.16 | 6.00 | 0.97 | 3.19 | |
Ketenagaan | 2 | 0.15 | 7.00 | 1.06 | |||
Peran Komite Sekolah | 3 | 0.10 | 6.00 | 0.61 | |||
Transportasi sulit | 4 | 0.11 | 5.00 | 0.56 | |||
jumlah | 1.00 | 2.22 |
Tabel 2. Perhitungan EFAS SMPN 8 Salatiga
Faktor-Faktor Eksternal | Bobot | Skor | Total | Jumlah | Analisis | ||
Peluang | Satu-satunya SMP Negeri di kecamatan tingkir | 1 | 0.12 | 9.00 | 1.09 | 5.19 | 2.04 |
Dukungan Pemerintah daerah dalam melengkapi sarpras | 2 | 0.10 | 8.00 | 0.81 | |||
Sistem zonasi | 3 | 0.11 | 8.00 | 0.89 | |||
Lokasi dekat sekolah bola dan pesantren | 4 | 0.09 | 9.00 | 0.82 | |||
Banyak lomba seni budaya dan kejuaraan OR yang bisa diikuti baik di tingkat daerah atau nasional. | 5 | 0.10 | 8.00 | 0.81 | |||
Revolusi Industri 4.0 | 6 | 0.11 | 7.00 | 0.78 | |||
Ancaman | Re-grouping SD | 1 | 0.12 | 9.00 | 1.09 | 3.16 | |
Munculnya sekolah swasta yang favorit | 2 | 0.13 | 9.00 | 1.18 | |||
Persepsi masyarakat | 3 | 0.11 | 8.00 | 0.89 | |||
jumlah | 1.00 | 3.16 |
Kesimpulan:
Kuadran III (negatif, positif)
Posisi ini menunjukan SMPN 8 Salatiga adalah sebuah lembaga yang lemah namun sangat berpeluang. Rekomendasi yang diberikan adalah ubah strategi, SMPN 8 Salatiga disarankan untuk mengubah strategi sebelumnya. Sebab, strategi yang lama dikhawatirkan sulit untuk menangkap peluang yang ada sekaligus membaiki kinerja lembaga.
- Rencana/Program Tahunan Sekolah

- Penutup
Di Tahun 2022 diharapkan SMPN 8 Salatiga sudah mencapai visi dan misinya, untuk mencapai visi dan misi tersebut sudah dijabarkan dalam rencana strategis empat tahun ke depan. Rencana strategis mencakup empat komponen yaitu SDM, Aplikasi IT, Pemberdayaan Jaringan Alumni dan Pemberdayaan jaringan lingkungan sosial dan bisnis. Dukungan dari berbagai pihak sangat berperan untuk melancarkan pelaksanaan rencana strategis yang sudah ditetapkan.
Daftar Pustaka
- SMPN 8 Salatiga. (2018). Rencana Strategis SMPN 8 Salatiga.
- Dewa Made Dwi Kamayuda. (2016). Perencanaan Strategi Bersaing Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru Di Salah Satu Sekolah Swasta Salatiga.[Online].Diakses dalam ejournal.uksw.edu/kelola/article/download/583/389 pada tanggal 2 Desember 2018.
- T. Hani Handoko. (2003). Manajemen Edisi 2.Yogyakarta:BPFE Yogyakarta,