Setelah dari SD Tajime kami menuju ke SMP Jonan. SMP Jonan adalah SMP yang paling besar di Fukuyama dan merupakan sekolah terbaik, banyak siswa SD Tajime yang melanjutkan pendidikan di SMP Jonan.
Sekolah ini selalu bekerjasama dengan sekolah lain untuk meningkatkan kualitasnya. SMP Jonan mempunyai siswa sebanyak 732 anak dengan perincian siswa putri 379 dan siswa putra 353 anak.
Shironichan adalah mascot SMP Jonan yang dibuat sendiri oleh siswa, bahkan mereka khusus memesan botol minum teh hijau Ocha yang ada puisi karya salah satu siswanya. Mereka membuat itu demi menyambut kami.
Di depan gerbang penyambutan ada ucapan selamat datang dan bendera Indonesia dibuat berdampingan dengan bendera Jepang.
Saya memasuki beberapa kelas diantaranya kelas Sakai dimana anak belajar tentang sejarah Korea dan Cina kelas ini berjumlah 29 anak, kelas Bahasa Inggris tentang kosakata lewat lagu berbahasa Inggris serta percakapan dengan cara anak saling berhadapan dan saling berbicara dalam Bahasa Inggris. Kelas Matematika dengan tema pemfaktoran dan operasi bentuk aljabar. Kelas Sains tentang pembelahan sel, dalam kelas ini dibagi menjadi 9 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 4 anak, mereka menggunakan berbagai peralatan laboratorium seperti mikroskop, pipet dan lain-lain. Kelas music berjumlah 36 anak diajari tentang cara memainkan seruling.
Kelas Sakai
Kelas Bahasa Inggris
Kelas Matematika
Kelas Sains
Kelas Musik
Selanjutnya untuk penilaian mereka menggunakan juga data absensi untuk memberi nilai di akhir semester. Ulangan semester dilakukan setiap 4 bulan sekali. Menurut pengamatan dalam buku ajar sains terlihat bahwa isi buku sangat bagus sebanyak 60% sudah berbentuk soal HOTS dan banyak langkah kerja serta gambar sedangkan sisanya materi.
Visi dan misi sekolah yaitu anak datang ke sekolah untuk belajar, mereka datang dari lingkungan yang berbeda maka jika sudah sampai sekolah persepsi yang berbeda tersebut akan disamakan dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler dan mata pelajaran yang sama. Motivasi yang dilakukan kepala sekolah terhadap gurunya agar selalu semangat dalam mengajar adalah membangun komunikasi yang baik dengan para guru tetang tujuan sekolah ini serta bagaimana cara bekerjasama dalam tim
Kendala yang dihadapi dalam tim ada yang lemah dan ada yang kuat dan tugas kepala sekolah adalah untuk selalu memotivasi keadaan tersebut, selain itu kita juga harus mengajak guru yang lain untuk terus menebar kebaikan kepada siswa.