Panduan Penilaian Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah instrumen untuk menilai keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan penilaian ini merupakan pedoman umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat untuk membantu sekolah mengevaluasi program dan kegiatan PPK. Sebagai pedoman umum, indikator-indikator dalam panduan penilaian memberikan gambaran umum tentang apa yang perlu dinilai. Sekolah diharapkan dapat menyusun pedoman penilaian tersendiri yang lebih kaya dengan indikator lebih khusus sesuai dengan kebutuhan khas sekolah.
Ciri utama praksis pendidikan karakter adalah adanya otonomi moral yang didukung oleh motivasi internal individu dalam melaksanakan nilai-nilai moral. Dengan demikian, yang menjadi penilai adalah diri sendiri berhadapan dengan nilai-nilai moral kemanusiaan universal yang terpapar di hadapan individu. Karena itu, seseorang akan keliru menilai kualitas pembentukan karakter seseorang bila hanya melihat dimensi luarnya saja. Ketika pendekatan ini diterapkan dalam sebuah lembaga pendidikan, lembaga pendidikan sebagai tempat pembentukan karakter perlu memiliki otonomi moral kelembagaan, yang tampil dalam diri para pelaku pendidikan. Otonomi moral dalam proses penilaian PPK yang dimaksud adalah bahwa sekolah menilai diri sendiri sejauh mana keberhasilan program PPK yang telah mereka lakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah).
Download Modul Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter
Download Modul Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Pengawas
Download Modul Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Komite
Download Modul Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Kepala Sekolah
Download Modul Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Guru