LEMBAR KERJA 3.1
PENGANTAR PENILAIAN PEMBELAJARAN
- Aktivitas Pembelajaran 1
Secara individu dengan bahasa anda sendiri, jelaskan keterkaitan antara: penilaian, tes, pengukuran, dan evaluasi. Tuliskan hasil pekerjaan anda pada Lembar Kerja 2.3a dibawah ini. Jika diminta, anda juga dapat menuliskannya pada kertas plano kemudian tempelkan hasil pekerjaan anda pada dinding.
Aktivitas Pembelajaran 2
Berikan contoh dari pelaksanaan penilaian Sumatif, Formatif, Diagnostik, dan Penempatan. Gunakan Lembar Kerja 2.3b dibawah ini.
LEMBAR KERJA 2.3b: Contoh Jenis-Jenis Penilaian | |
JENIS PENILAIAN | CONTOH |
SUMATIF |
|
FORMATIF |
|
DIAGNOSTIK |
|
PENEMPATAN |
|
- Aktivitas Pembelajaran 3
Jelaskan ciri-ciri dari Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Kriteria (PAK). Gunakan Lembar kerja 2.3c dibawah ini.
LEMBAR KERJA 2.3c: Ciri-ciri Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Kriteria (PAK). | |
Pendekatan Penilaian | Ciri-ciri |
Penilaian Acuan Norma (PAN) |
|
Penilaian Acuan Kriteria (PAK) |
|
- Aktivitas Pembelajaran 4.
Berikan masing-masing 1 contoh materi penilaian dalam IPS terpadu pada masing-masing level taksonomi Bloom. Contoh adalah selain dari yang sudah tertera pada uraian materi diatas. Gunakan Lembar Kerja 2.3d dibawah ini.
LEMBAR KERJA 2.3d: Contoh materi penilaian dalam IPS terpadu sesuai dengan Taksonomi Bloom. | |
Level Taksonomi | Contoh penilaian |
Pengetahuan |
|
Pemahaman |
|
Aplikasi |
|
Analisis |
|
Sintesis |
|
Evaluasi |
|
Untuk lebih lengkap silakan baca artikel terkait berikut :
Contoh Lembar Kerja 1.1 Guru Pembelajar IPS silahkan klik disini
Contoh Lembar Kerja 2.1 Kisi-kisi bahan ajar IPS terpadu silahkan klik disini
Contoh Lembar Kerja 3.1 Pengantar Penilaian Pembelajaran silahkan klik disini
Contoh Lembar kerja 4.1 Manajemen Penilaian Berbasis kelas silahkan klik disini
Contoh Lembar kerja 4.2 Pengolahan dan Pemanfaatan Hasil Penilaian silahkan klik disini