Sudah Update Data di Dapodik namun tidak bisa login untuk Cek Info PTK
Penyebab
● Belum memiliki NUPTK atau tidak menginput NUPTK pada dapodik
● NUPTK atau tanggal lahir yang diisi pada lembar info tidak sama dengan yang diinput pada aplikasi dapodik
● Data belum masuk ke database P2TK (data masuk ke server p2tk jika status kirim sudah BERHASIL PROSES)
● Format tanggal berubah karena perbedaan setting waktu pada computer (Indonesia dd-mm-yyyy, USA : mm-dd-yyyy)
Solusi
● Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id)
● Coba kombinasi bulan dan tanggal lahir pada password. Yyyymmdd dan yyyyddmm
2. Masalah
Sudah Update Data di Dapodik namun belum muncul Perbaikannya di Lembar Info PTK
Penyebab
● Tahapan pemrosesan data belum selesai
● Proses Import data ke server Dapodik gagal
● Belum Sinkronisasi antara Server Dapodik dengan Sever P2TK
Solusi
● Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id)
● Cek kembali 2-3 hari setelah data berhasil diproses
3. Masalah
NUPTK Tidak Valid pada Lembar Info
Penyebab
● Nama pada database NUPTK berbeda dengan nama pada Dapodik
● NUPTK yang dientri pada dapodik milik orang lain
Solusi
● Pastikan NUPTK adalah milik anda. Referensi NUPTK yang valid bisa didapatkan melalui Opr. NUPTK Dinas kab/Kota, opr. NUPTK LPMP atau operator NUPT pusat (Gedung D lantai 16)
● Jika kesalahan pada Database NUPTK,
● perbaiki nama anda melalui operator NUPTK.
● Minta Cetak Lembar NUPTK hasil Perbaikan menggunakan aplikasi Web Browser NUPTK
● Bawa Lembar NUPTK tersebut ke P2TK Dikdas agar dapat disesuaikan
● Jika kesalahan pada Dapodik
● perbaiki nama anda melalui operator Sekolah.
● Upload data dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari
LEMBAR SOLUSI PERMASALAHAN SK TUNJANGAN PROFESI
NUPTK Valid namun Data Kelulusan tidak ditemukan
Penyebab
● NUPTK pada dapodik berbeda dengan NUPTK pada data Kelulusan (Cek di SK TP Tahun lalu)
● NUPTK pada Data Kelulusan menggunakan NUPTK Sementara (9999XXX, 9000XXXX, 9898XXXX)
● Mutasi antar Kementerian (dari Luar Kemdikbud)
● Mutasi antar Jenjang (dari Luar Dikdas)
Solusi
● Perbaiki NUPTK pada data kelulusan oleh operator Tunjangan Dinas Kab/Kota
● Jika mutasi dari Luar Dikdas atau Luar kemdikbud, harus diinput kelulusannya oleh operator Tunjangan Dinas Kab/Kota. Pengelola pusat akan melakukan verifikasi dari kelulusan tersebut sebelum bisa diajukan penerbitan SK TP nya. Bawalah berkas-berkas lengkap ke Dinas Pendidikan Kab/Kota, diantaranya :
a. SK Mutasi
b. Sertifikat yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
d. Dan berkas pendukung lain
5. Masalah
NUPTK Valid namun Data Kelulusan Milik Orang Lain
Penyebab
● NUPTK anda dipakai oleh orang Lain
Solusi
● Operator akan mengusulkan perbaikan data kelulusan orang lain yang menggunakan NUPTK data anda ke pusat melalui aplikasi Tunjangan. Proses ini akan memakan waktu beberapa hari
● Jika anda belum memiliki NRG, laporkan juga agar dapat diusulkan NRG nya (ke operator tunjangan profesi)
6. Masalah
Jumlah Jam Mengajar Kosong
Penyebab
● Belum melakukan mapping Rombel (penugasan Guru mengajar pada rombel pada aplikasi dapodik)
Solusi
● Perbaiki data melalui operator Sekolah
● Pastikan Isian matapelajaran dan JJM sudah Benar
LEMBAR SOLUSI PERMASALAHAN SK TUNJANGAN PROFESI
7. Masalah
JJM Ada namun JJM Liner Kosong
Penyebab
● Belum Sertifikasi
● Datakelulusan Tidak ditemukan sehingga tidak diketahui Bidang Studi Sertifikasi yang diambil (lihat Solusi No. 4)
● Matapelajaran yang diajarkan tidak sesuai dengan Bidang studi sertifikasi. Pelajari Lampiran mengenai Matapelajaran yang linier dengan Bidang Studi Serifikasi
Solusi
● Lihat jawaban no 4.
● Jika kesalahan karena pengisian matapelajaran, perbaiki data anda di dapodik. Jika kenyataanya memang demikian, usahakan mengajar matapelajaran yang sesuai.
8. Masalah
JJM Rombongan Belajar Tidak Normal
Penyebab
Solusi
● Perbaiki mapping penugasan dalam Rombel agar sesuai dengan Kurikulum KTSP (lihat lampiran tentang jjm Rombel Normal)
9. Masalah
Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (PNS-DAU)
● Kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada Dapodik
Solusi
● Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik
● Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK KGB per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
a. SK Gaji Berkala per Desember 2012
b. Sertifikat yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
d. Dan berkas pendukung lain
● Sesuai dengan diktum pada SK –TP bahwa Kepala Dinas berhak melakukan perbaikan jika ada kesalahan pada SK dengan menyertakan berkas berkas yang sah, sehingga tidak perlu perbaikan SK.
LEMBAR SOLUSI PERMASALAHAN SK TUNJANGAN PROFESI
10. Masalah
Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (PNS-DEKON)
Penyebab
● Kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada Dapodik
Solusi
● Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik
● Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK KGB per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
a. SK Gaji Berkala per Desember 2012
b. Sertifikat yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
d. Dan berkas pendukung lain
● Dinas Kab/Kota mengajukan penyesuaian gaji Pokok melalui aplikasi Tunjangan
11. Masalah
Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (NON PNS-DEKON)
Penyebab
● Data Inpassing Tidak valid (bukan dari isian Dapodik, namun data inpassing dari Biro Kepegawaian)
Solusi
● Lakukan update data pada dapodik. Isikan data riwayat gaji berkala dengan benar (jika non PNS dan sudah inpassing isilah sebagaimana isian Golongan dan Masakerja PNS namun status tetap Non PNS)
● Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuaian Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK Inpassing. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
a. SK Inpassing
b. Sertifikat yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
d. Dan berkas pendukung lain
● Dinas Kab/Kota mengajukan penyesuaian gaji Pokok melalui aplikasi Tunjangan
LEMBAR SOLUSI PERMASALAHAN SK TUNJANGAN PROFESI
12. Masalah
Sudah SK namun Tempat Tugas bukan Sekolah Induk
Penyebab
● Kesalahan mengisi sekolah induk pada Dapodik
Solusi
● Pada umumnya tidak masalah dengan Pencairan tunjangan sepanjang ada Surat Keterangan dari Sekolah yang tercantum dalam SK bahwa ybs mengajar di sekolah tersebut.
● Jika dipermasalahkan maka dapat mengajukan perbaikan SK melalui Operator Tunjangan Dinas Kab/Kota
13. Masalah
Sudah SK namun NUPTK, NRG dan Rek. Bank milik orang lain
Penyebab
● Data kelulusan menggunakan NUPTK orang lain
Solusi
● Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Bawalah berkas yang dibutuhkan
● Dinas Kab/Kota mengajukan pembatalan SK agar dapat diperbaiki data kelulusannya.
● Setelah pembatalan disetujui pusat, operator Dinas Kab Kota akan melakukan perbaikan data kelulusan.
● Operator Dinas akan mengajukan SK baru untuk ybs
14. Masalah
Data sudah memenuhi syarat, namun SK tak kunjung Terbit
Penyebab
● Data pendukung kurang
Solusi
● Tanyakan pada operator apa status dokumen anda
● Jika status masih edit, kemungkinan masih ada kekurangan data anda diantaranya :
a. Masa Kerja dan Golongan tidak diisi
b. Status Kepegawaian tidak diisi
c. No Rekening Bank belum ada
d. NRG Belum ada
e. NUPTK di data kelulusan menggunakan NUPTK orang Lain
● Perbaiki isian Masa kerja, Golongan pada aplikasi dapodik
● Jika menggunakan Rekening dari Pusat, tanyakan kepada operator pusat yang mengurus pembukaan rekening