Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu evaluasi untuk melihat pencapaian hasil belajar pada proses pendidikan yang telah berlangsung. Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, masih diperlukan upaya pembenahan melalui pemanfaatan hasil UN. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan merupakan salah satu pemanfaatan hasil UN. Cukup banyak kepala sekolah telah berinisiatif melakukan praktik baik (best practices) pengelolaan satuan pendidikan dengan memanfaatkan hasil-hasil UN. Namun praktik baik yang telah dilakukan oleh kepala sekolah tersebut belum banyak diketahuioleh pihak pemangku kepentingan, pihak sekolah lain maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk berbagi praktik baik.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) berusaha menjaring dan mengumpulkan praktik-praktik baik pengelolaan sekolah dalam peningkatan hasil belajar berdasarkan pemanfaatan hasil UN serta upaya-upaya mempertahankan dan meningkatkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) melalui sebuah Program Pemanfaatan Hasil UN. Program ini diharapkan dapat menghasilkan kontribusi terhadap kebijakan-kebijakan teknis dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Tujuan penyelenggaraan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh praktik-praktik baik (best practices) sekolah yang telah memanfaatkan hasil UN untuk evaluasi hasil belajar dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, serta upaya sekolah dalam meningkatkan kejujuran peserta didik dalam melaksanakan UN yang dicerminkan dalam Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN).
DOWNLOAD panduan penulisan dan analisis pemanfaatan hasil UN silahkan klik disini.