Pengembangan profesionalitas guru melalui program Guru Pembelajar merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan.
Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan online.
Modul ini bisa dipelajari terlebih dahulu, mengingat satu modul saja terdiri lebih dari 100 halaman.
Nama nama modul guru pembelajar bagi guru TK adalah
nama_mapel | modul | deskripsi |
---|---|---|
Guru Kelas TK | J | Ped: Layanan Bantuan Peserta Didik |
Guru Kelas TK | J | Pro: Pengembangan Profesi Guru |
Guru Kelas TK | I | Ped: Penelitian Tindakan Kelas di TK |
Guru Kelas TK | I | Pro: Pemanfaatan PTK Dalam Pengembangan Anak di TK |
Guru Kelas TK | H | Ped: Konsep dan Teknik Penilaian di TK |
Guru Kelas TK | H | Pro: Laporan Perkembangan Anak di TK |
Guru Kelas TK | G | Ped: Komunikasi Efektif Bagi Guru TK |
Guru Kelas TK | G | Pro: Pengembangan Nilai Agama-Moral dan Sosial-Emosional |
Guru Kelas TK | F | Ped: Media dan Sumber Belajar di TK |
Guru Kelas TK | F | Pro: Bermain sambil Belajar di TK |
Guru Kelas TK | E | Ped: Pemanfaatan TIK di TK |
Guru Kelas TK | E | Pro: Program Pembelajaran TK melalui TIK |
Guru Kelas TK | D | Ped: Kegiatan Pengembangan Yang Mendidik |
Guru Kelas TK | D | Pro: Strategi Pengembangan Pembelajaran di TK |
Guru Kelas TK | C | Ped: Kurikulum dan Program Pembelajaran TK |
Guru Kelas TK | C | Pro: Indikator Capaian Perkembangan Anak TK |
Guru Kelas TK | B | Ped: Teori Bermain Anak Usia Dini |
Guru Kelas TK | B | Pro: Merancang Kegiatan Bermain di TK |
Guru Kelas TK | A | Ped: Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini |
Guru Kelas TK | A | Pro: Penanganan Masalah Anak Usia Dini |
Saat ini modul sedang dalam proses upload di server penyimpanan online. Harap bersabar.
Sumber : gurupembelajar.com