METODE PEMBELAJARAN ROUND CLUB ATAU KELILING KELOMPOK

Metode Pembelajaran Round Club Atau Keliling Kelompok adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu mengkontruksi konsep. Menyelesaikan persoalan atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4-5 orang, siswa heterogen (kemampuan gender, karakter) ada control dan fasilitasi, serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

Metode pembelajaran ini dimaksudkan agar masing-masing anggota kelompok mendapat serta pemikiran anggota lain.

v  Kelebihan Round Club Atau Keliling Kelompok

1)      Adanya tanggung jawab setiap kelompok

2)      Adanya pemberian sumbnagan ide pada kelompoknya

3)      Lebih dari sekedar belajar kelompok

4)      Bisa saling mendengarkan dan mengutarakan pendapat, pandangan serta hasil pemikiran

5)      Hasil pemikiran beberapa kepala lebih kaya dari pada satu kepala

6)      Dapat membina dan memperkaya emosional

v  Kekurangan Round Club Atau Keliling Kelompok

1)      Banyak waktu yang terbuang dalam pembelajaran keliling kelompok

2)      Suasana kelas menjadi rebut

3)      Tidak dapat diterapkan pada mata pelajaran yang memerlukan pengayaan

v  Langkah-langkah pembelajaran

1)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompotensi dasar

2)      Guru membagi siswa menjadi kelompok

3)      Guru memberikan tugas atau lembar kerja

4)      Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikiran mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan

5)      Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya

6)      Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jamk atau dari kiri ke kanan

v  unsur-unsur yang perlu diperhatikan

1)      Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka

2)      Ketika suatu kelompok mempresentasikan hasil dari deskripsinya, maka kelompok lain lebih bertanya dari hasil deskripsi materinya

3)      Setelah selesai dari kelompok yang satu maka yang lainnya atau kelompok selanjutnya yang mempresentasikan dan yang alinnya bisa mengajukan pandangan dan pemikiran anggota lainnya

4)      Kegiatan tersebut terus-menerus sampai kelompok yang terakhir yang silaksanakan arah perputaran jarum jam

Berita Terkait