Kali ini saya akan menulis mengenai istilah-istilah dalam program guru pembelajar khususnya moda daring/kombinasi. Istilah/akronim ini nantinya barangkali akan rekan guru temui dalam diklat guru pembelajar nanti.
Admin Kelas = Tenaga teknis yang ada di UPT, yang menangani LMS
Coorporate Social Responsibility (CSR) = Tanggung jawab sosial dari perusahaan yang ikut mendanai program GP Daring
Dapodik GTK = Data pokok pendidik yang ada di Direktorat GTK
Daring = Dalam jaringan (internet) / online
Difabel = Orang yang memiliki kebutuhan khusus
Ditjen GTK Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Efektifitas Suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai
effect size Besarnya pengaruh proses pembelajaran terhadap capaian hasil belajar
e-portfolio Wadah di dalam LMS yang digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas
GP moda daring kombinasi = Model pembelajaran bagi guru secara daring dan tatap muka
GP moda daring = Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring
GP moda daring – Model 1 = Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu
GP moda daring – Model 2 Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan mentor secara daring
Guru Pembelajar (GP) Program pembelajaran bagi guru sebagai salah satu bagian dari Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan
Interaksi asynchronous Interaksi yang terjadi pada waktu yang tidak bersamaan
Interaksi synchronous Interaksi yang terjadi pada waktu yang bersamaan
KCM Kriteria Capaian Minimal
Komunitas Pembelajar Sekelompok guru yang melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui diskusi, berbagi informasi, berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar
Konstruktivisme sosial Teori belajar yang memandang bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial
Koordinator Admin Tenaga teknis yang ada di UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan GP moda daring
Learning Management System (LMS) Sistem manajemen pembelajaran secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard
Log activity Rekaman kegiatan dalam sistem
Luring Luar jaringan (internet) /offline
Mentor Guru yang membimbing peserta dalam GP moda daring kombinasi
Pengampu Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam GP moda daring
Peserta Guru yang menjadi peserta Guru Pembelajar
Pusat Belajar (PB) Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GP moda daring kombinasi
Refleksi Memikirkan ulang dan menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan rencana aksi tindak lanjut pembelajaran
Relevansi Kaitan atau hubungan antara kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat kerja
smiley face Instrumen untuk mengukur reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”
Surel Surat elektronik yang biasa dikenal dengan email
Tagihan Seluruh tugas yang harus diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah dan dibagikan ke pengampu dan atau mentor, tes sesi dan tes akhir.
t-test Uji statistik (parametrik) berdasarkan perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses pembelajaran
UKG Uji Kompetensi Guru
UPT Unit pelaksana teknis mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan GP moda daring