Seleksi Penerimaan Calon Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri Kemdikbud RI Tahun 2016

Dalam rangka mempersiapkan calon pengganti Guru Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, Yangon, Den Haag, Bangkok, Moskow, Singapura dan Cairo yang telah berakhir masa tugasnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuka kesempatan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan dari latar belakang PNS dan Non PNS yang memenuhi persyaratan, serta berminat  untuk diangkat menjadi guru dan tenaga kependidikan pada Sekolah Indonesia luar negeri.

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  1. Berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun  bagi non PNS dan maksimal 45 (empat puluh lima)tahun bagi PNS dan pelamar Tata Usaha pada tanggal 1 Januari 2017.
  1. Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA.
  1. Berkelakuan baik  dan  tidak  pernah  dihukum  penjara  atau  kurungan  berdasarkan  putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  1. Khusus pelamar  non  PNS  tidak  pernah diberhentikan  dengan hormat  tidak  atas permintaan sendiri  atau tidak  dengan hormat  sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI atau  diberhentikan  tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  1. Khusus pelamar non PNS  tidak  sedang menjalani  perjanjian/kontrak    kerja/ikatan  dinas pada instansi pemerintah.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon Pelamar wajib mengisi Formulir Pendaftaran Calon Guru SILN bagi Non-PNS pada tautan berikut ini: http://goo.gi/forms/cYTmlKxQYk.  Pelamar dimohon TIDAK mengirimkan berkas apa pun pada tahapan  ini  kepada Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan RI.  Kelengkapan berkas persyaratan diperlukan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus pada ta hap seleksi kualifikasi.
  1. PELAMAR TIDAK DIPUNGUT BIAVA APAPUN.  Pelamar dimohon tidak terpancing oleh tawaran dari oknum/pihak  manapun yang mengaku dapat membantu  pelamar dapat diterima  sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di luar negeri.

PROSESSELEKSI

  1. Daftar nama pelamar dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada portal resmi KementerianPendidikan dan Kebudayaan RI.
  1. lnformasi  tentang   kelengkapan  berkas  persyaratan  beserta   batas  waktu   penyerahannya diumumkan  melalui  portal  resmi Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI  (lihat  rencana penjadwalan). Kelengkapan berkas persyaratan yang diperlukan meliputi, antara lain:

Fotokopi KTP dan Akte Lahir.

Fotokopi ljazah pendidikan terakhir yang dilegalisir. Fotokopi Sertifikat Profesi Pendidik yang dilegalisir. Fotokopi Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Surat keterangan mengajar/bekerja  dari sekolah/yayasan yang menunjukkan  pengalaman mengajar/bekerja sesuai dengan bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun.

Surat  rekomendasi   berkelakuan   baik  dari   pimpinan   institusi   (sekolah/yayasan)  yang disampaikan  dalam amplop tertutup.

Surat izin dari  Kepala Dinas Pendidikan setempat  bagi pelamar  PNS  dan Surat izin dari pimpinan  institusi  asal (sekolah/yayasan) bagi pelamar  Non PNS  untuk  mengikuti  proses seleksi.

Sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0 yang masih berlaku. Sertifikat/penghargaan  keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: olahraga, pramuka,seni-budaya,    keagamaan,   prakarya,    atau    teknologi     informasi     komunikasi    (ICT),Akuntansi/Keuangan, dll.

Apabila  pelamar telah  dinyatakan  lulus tetapi  tidak  menyampaikan  kelengkapan berkas untuk penetapan sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di luar negeri sampai batas waktu yang ditentukan,  maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

  1. Pelamar yang telah melengkapi berkas persyaratan dapat mengikuti proses Seleksi Kompetensi yang terdiri   dari  Wawancara,  Tes  Pedagogik, Praktik  Mengajar  (Micro  Teaching) dan  Tes Kemampuan Bahasa Asing.
  1. Daftar nama peserta Seleksi Kompetensi yang dinyatakan lulus akan diumumkan melalui portal resmi Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan RI   dan  dapat  melanjutkan  tahapan  seleksi berikutnya,  yaitu  wawancara  di depan panelist  Kemendikbud,  Kemenlu, serta  Perwakilan RI terkait.
  1. Daftar nama peserta Seleksi Tahap II  yang dinyatakan  lulus akan diumumkan  melalui  portal resmi Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI  dan dalam  rangka proses pengangkatan, calon Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di luar negeri definitif  diwajibkan untuk melengkapi berkas persyaratan sebagai berikut:

Surat    Lamaran     ditujukan      kepada    Sekretaris    Jenderal     Kementerian      Pendidikan     dan

Kebudayaan   RI.

Daftar   riwayat   hidup  dilengkapi   Pas Foto  berwarna   (pakaian  formal)   dengan  latar  belakang putih  ukuran  4×6.

Surat  Keterangan   Catatan  Kepolisian  (SKCK)  sesuai domisili. Surat  keterangan   sehat  dan bebas narkoba  dari  RS  Pemerintah.

Deskripsi   diri,   potensi   dan  motivasi   menjadi   guru  Sekolah  Indonesia   di  luar  negeri   dalam

Bahasa Indonesia  dan lnggris  masing-masing   1 lembar  dicetak  2 set di atas kertas  A4. Menandatangani                                     surat   pernyataan    tidak   menuntut    menjadi    PNS dan   bersedia   diangkat

menjadi   Guru  Sekolah  Indonesia   di  luar  negeri  berdasarkan   perjanjian   kerja  selama  3 (tiga

tahun)   bagi  PNS dan  2 (dua)  tahun   bagi  Non  PNS dan  dapat  diperpanjang    sesuai  peraturan yang  berlaku.

Apabila   pelamar   telah   dinyatakan    lulus  tetapi   tidak   menyampaikan     kelengkapan    berkas untuk   penetapan   sebagai  Guru  dan Tenaga  Kependidikan   Sekolah  Indonesia   di  luar  negeri sampai   batas  waktu   yang  ditentukan,    maka  kelulusan  yang  bersangkutan    dinyatakan    batal dan/atau   yang bersangkutan   dianggap  mengundurkan   diri.

Info lengkap tentang SELEKSI PENERIMAAN CALON GURU SEKOLAH INDONESIA DI LUAR NEGERI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI TAHUN ANGGARAN 2016 silahkan klik disini

 

Berita Terkait